Headlines News :

Home » , » Ricuh,Tahanan Lapas Tulungagung Mengamuk

Ricuh,Tahanan Lapas Tulungagung Mengamuk

Written By Siswo.Investigasi Indonesia/MDTI Ponorogo on Minggu, 04 Agustus 2013 | 20.03


TULUNGAGUNG -

Suasana di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tulungagung, Sabtu (3/8/2013) mendadak ricuh. Puluhan narapidana yang dimotori Ibrahim alias Budheng, mengamuk dan memecahkan kaca-kaca di Lapas.
Aksi itu mengakibatkan sekitar 50 napi berhasil lolos dari Blok dan merangsek ke deretan ruangan kantor lapas. Setelah memecahkan kaca, para napi ini berhasil masuk ruang pemeriksaan para tamu.
Ruangan ini tempat gerbang utama lapas dan berhadapan langsung dengan Jalan Pahlawan Tulungagung. Beruntung para napi ini tidak melarikan diri. "Untung saja mereka tidak kabur. Sipir sudah tidak bisa melawan mereka," ujar seorang perwira Polisi dari Polres Tulungagung.
Sekitar pukul 21.30 WIB, beberapa tukang memasukan mesin las listrik. Sebuah mesin generator listrik dinyalakan di luar gerbang. Menurut tukang las yang enggan disebut namanya, ada tiga jeruji yang memisahkan halaman depan dengan ruang kantor yang patah.
Padahal jeruji tersebut sebesar jempol kaki."Kelihatannya digoyang-goyang sampai patah," ujar tukang las tadi.
Polisi dan TNI masih melakukan penjagaan di depan gerbang lapas. Mereka masih melakukan koordinasi sebelum masuk ke dalam lapas. Di Lapas Klas II B Tulungagung saat ini ada 279 tahanan, 183 di antaranya sudah berstatus narapidana.
Aksi demonstratif Budheng ini bukanlah yang kali pertama. Bulan lalu, ia juga mengamuk di Pengadilan Negeri (PN) setempat. Pintu tahanan sementara PN Tulungagung yang terbuat dari besi, jebol setelah digoncang dan ditendang oleh warga Kecamatan Kalidawir tersebut. Budheng juga melemparkan bagian pintu ke petugas yang berjaga.
"Ada petugas polisi yang mencoba mendekat, namun terkena bagian pintu yang dilemparkan oleh tahanan. Pelipis petugas terluka," tutur Herlambang (29), warga Kelurahan Kepatihan yang menyaksikannya kala itu.Srya
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INVESTIGASI INDONESIA EKS KARESIDENAN MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger