Headlines News :

Home » » Jelang Lebaran Pegadaian UPC Dolopo di banjiri konsumen

Jelang Lebaran Pegadaian UPC Dolopo di banjiri konsumen

Written By Siswo.Investigasi Indonesia/MDTI Ponorogo on Senin, 13 Agustus 2012 | 20.14

Madiun Investigasi
            Masyarakat untuk menggadaikan  barang berharga  berupa emas hingga BPKB  meningkat menjelang hari Raya Idul Fitri (1 Syawal 1433 H) pegadaian-pegadaian mulai di serbu oleh para konsumen yang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Contohnya salah satu Pegadaian unit pembantu cabang (UPC) yang berada di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, pegadaian itu juga tak luput di banjiri oleh para konsumen yang memanfaatkan jasa pegadaian tersebut.
Peningkatan konsumen yang ada di pegadaian itu, akhir bulan juli kemarin sudah mulai  meningkat, rata-rata peningkatan itu sekitar 40% jika di bandingkan dengan peningkatan di tahun yang lalu.
Bunga Mariana selaku pengelola dan penafsir emas UPC pegadaian mengatakan, kenaikan konsumen yang memanfaatkan jasa pegadaian, pada tahun ini peningkatan itu sekitar 40%,  dan cukup besar di bandingkan tahun lalu, “Hal itu di karenakan hari raya pada tahun ini  juga hampir bersamaan dengan tahun ajaran baru 2012,sehingga masyarakat banyak yang membutuhkan dana tunai”Terangnya.
            Lebih lanjut, mayoritas konsumen yang datang di pegadaian dolopo tersebut, rata-rata terdiri dari para petani dan para pedagang. Namun, kalangan PNS pun juga ada tetapi hanya sekitar 20% sampai 25 %. Sebagai jaminannya mayoritas para konsumen, menggadaikan 80% perhiasan atau emas mereka, dengan bunga pinjaman perhiasaan 9,2% dari harga jual selama 4  bulan.
            Para konsumen UPC pegadaian dolopo ini, mereka mayoritas menebus dan mengambil kembali barang yang di jadikan sebagai jaminan. Hal itu di karenakan barang yang boleh di jadikan jaminan oleh konsumen  maksimal hanya 15%, sehingga barang tersebut hanya 15% yang boleh di lelangkan”Imbuhnya. (gus/sur)


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INVESTIGASI INDONESIA EKS KARESIDENAN MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger